Visitasi Akreditasi MM Program Pascasarjana

Visitasi Akreditasi MM Program Pascasarjana

Tim Akreditasi BAN PT: Esa Unggul Memiliki Potensi Yang Menjanjikan

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN PT) melakukan Visitasi Akreditasi Magister Manajemen Program Pascasarjana yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Juni kemarin. Dalam kesimpulan yang diberikan oleh salah satu Asesor BAN PT yakni Prof. Sudarso Kaderi Wiryono mengatakan Univeritas Esa Unggul merupakan Universitas yang kedepannya dapat berkembang secara menjanjikan.

“Beberapa hal yang saya lihat dari hasil wawancara dan proses lainnya, saya menyimpulkan  potensi pengembangan UEU sangat menjanjikan hal ini terlihat dari kebanggaan mahasiswa yang berkuliah di Esa Unggul mereka mempunyai kebanggaan, khususnya kepada program studi Magister Manajemen,” terang Sudarso, di Ruang 207, Esa Unggul, Jakarta Barat, Jumat (09/06/2017).

Asesor BAN PT Prof. Sudarso Kaderi Wiryono

Asesor BAN PT Prof. Sudarso Kaderi Wiryono

Menurut asesor yang berasal dari Institut Teknologi Bandung tersebut perkembangan Universitas Esa Unggul khususnya di program studi Magister Manajemen sangat berpotensi untuk menjadi prodi yang maju ketimbang universitas lainnya. Selain dikarenakan sangat baiknya kurikulum dan manajemen program studi MM, lingkungan perkuliahan pada Prodi tersebut menyokong terbentuknya nuansa pendidikan yang berkualitas.

“Saya mencermati, potensi prodi MM ini bukan hanya dari kurikulum yang ada, bukan hanya dari dosen dan manajemen tapi suasana akademik dan proses akademik terasa sangat nyaman. Ini dibuktikan dari wawancara oleh staff akademik dan mahasiswanya mereka banyak yang mengatakan merasa seperti dirumah sendiri. Karena keberhasilan suatu proses belajar itu disebabkan salah satunya oleh lingkungan yang menyenangkan dan nyaman, nah itu terjadi di sini,” ujarnya.

Guru Besar Risiko Bisnis dan Keuangan ITB ini pun mengapresiasi berbagai kegiatan dan organisasi yang dibentuk oleh kampus salah satunya ialah yang dilakukan oleh ILUNI (Ikatan Alumni Esa Unggul) dalam menyumbangkan ide pemikiran serta bantuannya untuk memajukan Univeritas Esa Unggul.

“Saya sangat mengapresiasi Kontribusi pemikiran ide-ide dari ILUNI untuk memajukan program studi ini. Diharapkan ILUNI menjadi wadah  bagi adik-adik kita yang masih menjalani program S1 di Universitas Esa Unggul. Karena mereka yang nantinya akan keluar dan butuh diakomodir oleh para alumni-alumni yang telah sukses dalam bisnisnya,” ucapnya.

Sudarso pun berharap kedepannya Universitas Esa Unggul dapat meningkatkan kapasitas jurnal dan penilitiannya agar dapat bermanfaat secara langsung bagi kemaslahatan masyarakat. “Esa Unggul saya lihat mempunyai insentif yang menarik terhadap penelitian yang dilakukan oleh para dosen dan civitas akademisi. Insentif yang diberikan berupa reward bagi siapa saja yang melakukan penelitian  itu merupakan hal yang positif. Ini menunjukan suatu bukti universitas Esa Unggul memeliki kelebihan dibidang penelitian,” ujar Sudarso.

Sementara itu, Rektor Esa Unggul Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA, dalam sambutannya mengatakan akreditasi yang dilakukan oleh BAN PT ke Esa Unggul merupakan praktek pembalajaran langsung bagi Esa Unggul untuk meningkatkan taraf kualitas pendidikannya.

“Kunjungan visitasi yang dilakukan ini merupakan best practice bagi kami untuk meningkatkan kualitas kami khususnya dalam prodi Magister Manajemen. Kami pun merasa dalam kunjungan ini ada banyak saran dan menjadi pembelajaran kami,” ujar Arief.

Kedepannya, Arief berjanji akan membenahi berbagai kekurangan yang dirasa masih menganjal di dalam metode atau pun pembelajaran di Esa Unggul khususnya pada prodi Magister Manajemen. “Mudah-mudahan akreditasi yang di dapat oleh Prodi Manajemen ini mendapatkan hasil yang baik, hal lainnya yang dirasa kurang akan kami benahi sebagai bahan evaluasi kami ke depannya,” tutupnya.

Lena Elitan, Ph. D Saat Melakukan Uji Wawancara

Lena Elitan, Ph. D Saat Melakukan Uji Wawancara

Visitasi akreditasi Program studi Magister Manajemen Universitas Esa Unggul berlangsung pada hari kamis dan Jumat. Tim asesor yang terdiri dua orang yakni  Prof. Sudarso Kaderi Wiryono dari ITB dan Lena Elitan, Ph. D dari Unika Widya Mandala Surabaya melakukan uji wawancara dan memeriksa perlengkapan dokumen dari program studi Magister Manajemen. Selama kurang lebih sembilan jam melakukan uji visitasi tersebut, acara itu berakhir dengan foto bersama dan buka puasa bersama dengan rektor beserta civitas akademsi Magister Manajemen dan Asesor dari BAN PT. Mudah-mudahan hasil dari akreditasi Magiser Manajemen ini mendapatkan hasil yang memuaskan.

Foto Bersama

Foto Bersama

 

Download Tim Akreditasi BAN PT: Esa Unggul Memiliki Potensi Yang Menjanjikan as PDF

BERIKAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN ANDA