MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK

Terakreditasi B SK BAN 009/BAN-PT/AK-V/S2/V/2007

Pendirian Program Studi Magister Administrasi Publik didorong oleh keinginan untuk turut serta mengembangkan manajer-manajer publik, pengembangan profesionalisme dan kompetensi birokrat. Manajer yang mampu menyusun kebijakan publik sesuai dengan tantangan dan peluang yang dihadapi bangsa Indonesia. Manajer–manajer unggul sangat dibutuhkan baik pada tingkat pemerintahan daerah maupun pada tingkat pemerintahan pusat.

Spesifikasi Keahlian Setelah menyelesaikan program MAP, karyasiswa diharapkan bisa memiliki keahlian dibidang manajemen dan kebijakan publik. Dengan keahlian ini para karyasiswa dapat mengembangkan karir pada berbagai organisasi publik seperti Pemerintahan Daerah, Departemen, BUMN, dan Sektor Swasta, Alumni MAP diharapkan menjadi pemimpin /manajer/konseptor yang berintegritas, mampu mengaplikasikan keilmuan yang dimiliki berwatak innovator, komunikator dan motivator.

Tujuan dan Sistem Pendidikan

Menggunakan The Triangle Method dengan pendekatan multidimensi yang mempromosikan hubungan erat antara dosen, mahasiswa dan tenaga ahli (praktisi) dari dunia industri dan organisasi pemerintah, sehingga mahasiswa benar-benar memahami complex structures, functions, and roles dalam sebuah organisasi bisnis, serta dapat memberikan solusi dengan memadukan concepts, views, professional knowledge and techniques dalam manajemen.

Sasaran utama dari Program Pasca Sarjana Universitas Esa Unggul adalah terbentuknya lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan, integritas, kompetensi dan daya saing yang tinggi.  Keempat sasaran ini dicapai dengan membangun budaya akademik, melalui peningkatan analytical ability, reading ability, learning ability and writing ability.

Gelar dan Status Akademik

Mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan program ini berhak menyandang gelar “MAP” (MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK), secara formal program ini disamakan dengan program-program pascasarjana lain sebagai penyandang gelar Strata-2 (S2) dan berhak melanjutkan studinya sampai jenjang Strata-3 (Doktor) bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Website Pascasarjana: http://pascasarjana.esaunggul.ac.id/

Magister Ilmu Administrasi Publik

Magister Ilmu Administrasi Publik

Visi

Visi MAP – UEU adalah : “Menjadi pusat pendidikan Magister Administrasi Publik (S2) dalam bidang Kepemimpinan Eksekutif, Manajemen Pemerintahan Daerah, Keuangan Publik, dan Analisis Kebijakan dan Evaluasi yang unggul dalam intelektual, etika, dan emosi serta memiliki kemandirian dan wawasan global”.

Misi

Untuk mewujudkan visinya, MAP-UEU memiliki misi tridharma perguruan tinggi yang tertuang dalam mission statement, yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran administrasi publik yang terbaik dalam rangka membangun sumberdaya manusia yang berpegang teguh pada moral dan etika.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang berwawasan global, menghargai nilai-nilai keragaman dan adaptif terhadap perubahan melalui kegiatan penelitian.
  3. Memberikan sumbangan pemikiran yang bermanfaat bagi lingkungan dan kesejahteraan umat.
Kurikulum Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP)

Download

Distribusi Mata Kuliah Program Studi Magister Administrasi Publik

Dosen Pengajar

  1. Prof. Dr. Agus Dwiyanto,MPA
  2. Prof. Said Zainal Abidin,PhD,MPIA
  3. Prof.Dr.Amir Santoso
  4. Prof.Dr. Miftah Toha,MPA.
  5. Prof.Dr. Marimin, MSc.
  6. Prof.Dr. Kemala Motik A. Gafur, MM.
  7. Dr. Ir. Bima Haria Wibisana,MSIS
  8. Deddy S. Bratakusumah,MURP, MSc, PhD.
  9. Dr Slamet Seno Adjie,MA
  10. Dr Husein Umar,MM,MBA.
  11. Dr Ing Jo Santoso.
  12. Dr Erman Munzir,SE,MA.
  13. Dr S. Ruslan,SE,MS.
  14. Yahya Rahmana Hidayat,PhD.
  15. Ir Leroy S. Uguy,MA,PhD.