MAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT

Pada hakekatnya RS berfungsi sebagai tempat penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan serta fungsi dimaksud memiliki makna tanggung jawab yang seyogyanya merupakan tanggung jawab Pemerintah dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Dari aspek pembiayaan RS memerlukan biaya operasional dan investasi yang besar dalam pelaksanaan kegiatannya, sehingga perlu didukung dengan ketersediaan pendanaan yang cukup dan berkesinambungan serta pengelolaannya perlu menggunakan prinsip- prinsip ekonomi.

Mengantisipasi dampak globalisasi perlu didukung dengan peraturan perundang‐undangan yang memadai. UU N0. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, menyebutkan bahwa dalam rangka peningkatan mutu dan jangkauan pelayanan RS serta pengaturan hak dan kewajiban masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesesehatan, maka dalam UU No. 44 tahun 2009 Pasal 36 menyebutkan bahwa setiap RS harus menyelenggarakan tata kelola RS dan tata kelola klinis yang baik. Tata kelola RS yang baik adalah penerapan fungsi- fungsi manajemen RS yang berdasarkan prinsip‐prinsip tranparansi, akuntabilitas, independensi dan responsibilitas,kesetaraan dan kewajaran. Tata kelola klinis yang baik adalah penerapan fungsi manajemen klinis yang meliputi kepemimpinan klinik, audit klinis, data klinis, risiko klinis berbasis bukti, peningkatan kinerja, pengelolaan keluhan, mekanisme monitor hasil pelayanan, pengembangan profesional, dan akreditasi rumah sakit.

Sejalan dengan hal tersebut UU No. 44 tahun 2009 pasal 34  Kepala Rumah Sakit harus  mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang perumahsakitan. Oleh karena itu, program studi Administrasi Rumah sakit (S2) Universitas Esa Unggul diharapkan mampu nencetak para manajer RS yang berkualitas dan relevan  sesuai kebutuhan pasar dunia perumahsakitan dan perundang- undangan yang berlaku.

Download Brosur Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) : Brosur Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS)

Visi

Visi merupakan deskripsi aspiratif mengenai masa depan PS ARS (S2). Visi berisikan cita-cita dan citra yang akan diwujudkan PS ARS (S2) dalam jangka panjang di masa depan. Visi menjadi inspirasi segenap pimpinan, dosen, mahasiswa dan alumni PS ARS (S2), serta menyatukan dan menselaraskan gerak dan langkah mereka.

Visi dari PS ARS (S2) adalah: “Menjadi Program Studi yang unggul dan berdaya saing global dalam pengembangan mutu akademik serta menjadi pelopor kewirausahaan yang inovatif dan professional di bidang pengelolaan manajemen rumah sakit “.

Unggul dalam pengembangan mutu akademik memberikan arti bahwa PS mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan (IPTEK) bidang manajemen rumah sakit.

Berdaya saing global mengembangkan lulusan dengan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja global, mampu berkomunikasi berbahasa asing, sistem pembelajaran menggunakan standar / materi yang diakui secara internasional, berprestasi dan sukses dalam karir.

Kewirausahaan bermakna bahwa lulusan PS memiliki ketrampilan (skill) dalam pengelolaan rumah sakit berdasarkan prinsip-prinsip bisnis inovatif dan professional serta memiliki kemampuan memanfaatkan dan menciptakan peluang dalam pengelolaan manajemen rumah sakit.

Inovatif artinya PS ARS (S2) mampu menyediakan proses pembelajaran yang memberikan pengetahuan yang menciptakan temuan-temuan baru di bidang kesehatan dan manajemen kerumahsakitan.

Profesional artinya PS ARS (S2) menghasilkan lulusan yang memperhatikan prinsip-prinsip profesionalisme dengan tetap mengacu kepada etika kemanusiaan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berbasis pada integrasi disiplin ilmu kesehatan dan manajemen pengelolaan bisnis serta pemanfaatan teknologi secara inovatif dan professional.
  2. Mengembangkan penelitian yang berfokus pada pengembangan manajemen kerumahsakitan yang bermutu, inovatif, dan sesuai dengan perkembangan IPTEKS.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahtaraan dan kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan yang berkarakter dan berdaya saing tinggi.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengintegrasikan disiplin ilmu manajemen dengan disiplin ilmu kesehatan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola dan memimpin rumah sakit secara professional serta memiliki jiwa kewirausahaan.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melakukan penelitian yang inovatif dalam pengembangan manajemen kerumahsakitan sesuai dengan perkembangan IPTEKS.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan daya saing dan adaptasi dengan lingkungan global.

Kurikulum Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) SEMESTER 1

  1. Organisasi dan Manajemen RS
  2. Manajemen Pelayanan berfokus pasien ( patient center care )
  3. Manajemen pemasaran RS ( hospital Marketing )
  4. Manajemen fasilitas dan keselamatan (safety )
  5. Manajemen Unit pelayanan di RS
  6. Epidemiologi klinik dan biostatistik

SEMESTER II

  1. Hospital Leadership
  2. Manajemen Komunikasi dan sistem informasi RS
  3. Manajemen SDM RS
  4. Manajemen risiko Klinik dan patient safety
  5. Metodologi riset
  6. Manajemen Mutu RS

SEMESTER III

  1. Manajemen keuangan dan Akuntansi RS ( manajemen bisnis )
  2. Manajemen stratejik RS
  3. Residensi
  4. Manajemen obat dan logistik RS
  5. Hukum kesehatan di RS
  6. Mata Kuliah Pilihan

SEMESTER IV

  1. Thesis; Ringkasan thesis masuk dalam jurnal terakreditasi/ internasinal

MATA KULIAH PILHAN

  1. Studi banding ke RS di LN
  2. Manajemen Keperawatan
  3. Akuntasi RS
  4. Bisnis & Kewirausahaan RS
  5. Manajemen K3 RS
  6. Manajemen Bisnis
  7. Manajemen logistik

Download Distribusi Mata Kuliah Program Studi Kurikulum Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS)

Dosen Pengajar

  1. Prof. Dr Tjandra Yoga Adhitama,SpP (K), MARS, DTM&H, DTCE,
  2. Prof. DR Hendra Tanu Atmadja, SH, MA
  3. Dr.Ir. Arief Kusuma A.P.,MBA
  4. Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM, MHA
  5. Dr. Adib A. Yahya, MARS
  6. Dr Djoti Atmodjo, SpA, MARS
  7. Dr. Dr Sutoto Cokro, Mkes
  8. Dr. MF Arrozi, SE,Ak, Mak
  9. Dr. Kemala Rita, SKp, MARS
  10. Muhammad Reza Hylmi, MARS, PhD
  11. Dr. Widaningsih, SKp, Mkep
  12. Idrus Jus’at, MSc, PhD
  13. Munawar,Skom, Msi, PhD
  14. Dr. Endang Ruswanti, SE,MM
  15. Dr. Hasyim Achmad, Med,MM
  16. Dr. Tantri Yanuar,MM
  17. Dr Sandra Dewi Mochtar,MARS
  18. Dr. Bambang Hartono, SKM,MSc
  19. Dr. Mary S. Mariyah,MHA,PhD
  20. Dr. Luwiharsi,MSc
  21. R. Fresley Hutapea, SH,MH, MARS
  22. Dr. Nico Lumenta, MM, MHKes
  23. Dr. Djoni Dharmajaya, SpB, MARS
  24. Dr. Hanna Permana, MARS
  25. Dr. Agusdini, B,S.Apt,MARS
  26. Puspitaloka Mahadewi,MM

Proses Pembelajaran

Dalam penyelenggaraan pembelajaran menerapkan student centered learning (SCL) atau active learning, di hampir sebagian besar mata kuliahnya. Dengan metode SCL ini, mahasiswa didorong untuk lebih aktif dalam mencari sumber-sumber pembelajaran dan mahasiswa didorong untuk selalu kritis, bertanya, mencari solusi, diskusi, menyiapkan laporan, mempresentasikannya, menjelaskannya, turun langsung ke lapangan. Dengan menjadi aktif dan kritis, melalui partisipasi mahasiswa dalam diskusi (dengan dosen atau teman-teman mahasiswa lainnya), tingkat memorisasi terhadap materi pembelajarannya meningkat, dibandingkan dengan hanya membaca dan mendengarkan dosen memberi kuliah dan kemampuan softskills juga akan meningkat. Peran dosen berubah dari mengajar (teacher) menjadi fasilitator, motivator, tutor dan pemberi umpan balik.

Profil Lulusan MARS

  1. Manajer Rumah Sakit (Hospital Manager)
  2. Entrepreneur Rumah Sakit (Hospital Entrepreneur)
  3. Konsultan Rumah Sakit (Hospital Consultant)
  4. Leardership Rumah Sakit (Hospital Leader)
Informasi Biaya Studi dan Pendaftaran Mahasiswa Baru KLIK DISINI
BERIKAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN ANDA