MAGISTER AKUNTANSI

Terakreditasi B

Pendirian Program Studi Magister Akuntansi dimaksudkan untuk turut serta menciptakan manajer dan pemimpin yang berkemampuan untuk  mengolah dan memanfaatkan informasi akuntansi  bagi pengambilan keputusan yang dapat mendorong peningkatan efisiensi dan efektifitas serta nilai organisasi. Oleh karena itu proses pembelajaran pada program MAKSI  menerapkan pola gabungan antara metode interaktif dan metode penelitian mandiri. Metode tersebut menuntut mahasiswa untuk melakukan 3 kegiatan pembelajaran secara intensif yang meliputi membaca, berdiskusi dan menulis secara mendalam yang diharapkan dapat membentuk mahasiswa agar memiliki kemampuan mencerna, menganalisis, merumuskan dan menarik kesimpulan. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan memanfaatkan konsep, tool dan teknik akuntansi yang relevan dengan kebutuhan organisasi.

Keseluruhan proses pembelajaran pada program MAKSI tercermin pada kurikulum yang dirancang untuk menghasilkan manajer dan pemimpin yang inovatif dan persuasif dalam menjadikan akuntansi dan profesi akuntan sebagai pilar utama bagi kemajuan dan keberhasilan pencapaian visi dan misi organisasi melalui pengembangan dan implementasi governance, risk manajemen dan sistem pengendalian yang efektif.

Tujuan dan Sistem Pendidikan

Menggunakan The Triangle Method dengan pendekatan multidimensi yang mempromosikan hubungan erat antara dosen, mahasiswa dan tenaga ahli (praktisi) dari dunia industri dan organisasi pemerintah, sehingga mahasiswa benar-benar memahami complex structures, functions, and roles dalam sebuah organisasi bisnis, serta dapat memberikan solusi dengan memadukan concepts, views, professional knowledge and techniques dalam manajemen.

Sasaran utama dari Program Pasca Sarjana Universitas Esa Unggul adalah terbentuknya lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan, integritas, kompetensi dan daya saing yang tinggi.  Keempat sasaran ini dicapai dengan membangun budaya akademik, melalui peningkatan analytical ability, reading ability, learning ability and writing ability.

Gelar dan Status Akademik

Mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan program ini berhak menyandang gelar “M.Ak” (MAGISTER AKUNTANSI), secara formal program ini disamakan dengan program-program pascasarjana lain sebagai penyandang gelar Strata-2 (S2) dan berhak melanjutkan studinya sampai jenjang Strata-3 (Doktor) bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Download :

  1. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2013/2014
  2. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2014/2015
  3. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2015/2016
  4. Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi UEU 2016/2017

Website Pascasarjana: http://pascasarjana.esaunggul.ac.id/

Magister Akuntansi

Visi

Menjadi Program pendidikan manajemen bidang Akuntansi Sektor Bisnis, Akuntansi Sektor Publik dan Audit pada jenjang strata2 (S2-Magister) yang unggul dalam pengembangan intelektual, keahlian, etika dan emosi serta kematangan alumni.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran akuntansi yang terbaik dalam rangka membangun sumberdaya manusia yang berpegang teguh pada moral dan etika.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang berwawasan global, menghargai nilai-nilai keragaman dan adaptif terhadap perubahan melalui kegiatan penelitian.
  3. Memberikan sumbangan pemikiran yang bermanfaat bagi lingkungan kesejahteraan umat.

Program Studi MAKSI UEU dirancang untuk memberikan keunggulan berikut: Materi pengajaran yang akomodatif dan responsif terhadap perkembangan terkini dari riset akademik, riset terapan dan paraktek profesi dibidang akuntansi, auditing dan governance. Tebaga pengajar dengan kredensial akademik dan jejak rekam pengalaman yang kuat, Metode pembelajaran interaktif dalam pola yang terstruktur dan jejaring yang luas kalangan akademisi, konsultan, praktisi, asosiasi profesi dan regulator.

Tujuan & Sistem Pendidikan

Akuntansi merupakan instrumen yang sangat menentukan dalam proses governance dan manajemen setiap organisasi, baik organisasi pemerintahan, perusahaan maupun organisasi nirlaba. Pelaporan keuangan, pengukuran kinerja, manajemen risiko, pengendalian internal dan audit merupakan area disiplin ilmu dan praktek akuntansi yang menjadi instrumen penting untuk mewujudkan trnsaparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan fairness (TARIF) sebagai prasyarat bagi terciptanya good (corporate) governance dan good management dalam penyelenggaraan organisasi.

Program Magister Akuntansi (MAKSI) Universitas Esa Unggul bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kontribusi professional di bidang akuntansi terhadap pengembangan dan implementasi prinsip TARIF dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan kegiatan organisasi, baik pada level strategis maupun opperasional, dalam rangka untuk mewujudkan good (corporate) governance dan good management serta meningkatkan nilai organisasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholder).

Kurikulum

Semester I  
1. Sistem Teknologi Informasi 2 SKS
2. Pelaporan Keuangan 2 SKS
3. Pengukuran Kinerja 3 SKS
4. Teori , Filosofi dan Etika Profesi Akuntan 3 SKS
Semester II  
1. Manajemen Risiko 3 SKS
2. Struktur dan Proses Governance 2 SKS
3. Metode Penelitian 3 SKS
4. Manajemen Strategik 3 SKS
Semester III (Konsentrasi) *  
1. Mata Kuliah Konsentrasi 1 3 SKS
2. Mata Kuliah Konsentrasi 2 2 SKS
3. Mata Kuliah Konsentrasi 3 3 SKS
4. Seminar Mata Kuliah Konsentrasi 3 SKS
Semester IV  
Tesis 6 SKS
Total 39 SKS

*Dipilih tergantung konsentrasi

Konsentrasi

Dalam rangka antisipasi dan penyesuaian terhadap perkembangan displin ilmu akuntansi dan kebutuhan akan jasa profesi akuntan dalam upaya mewujudkan good (corporate) governance dan good management dalam penyelenggaraan organisasi yang sejalan dengan upaya peningkatan kinerja dan optimalisasi nilai organisasi bagi para pemangku kepentingan, program MAKSI UIEU menawarkan konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut yaitu:

1. Konsentrasi Akuntansi Sektor bisnis

Pelaporan keuangan menjadi isu yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan transaksi keuangan dan permodalan perusahaan. Konsep dasar, prinsip, standar dan current issue yang muncul dalam prkatek pelaporan keuangan perusahaan merupakan materi utama yang dibedah, dikritisi, dan di rekonstruksikan agar relevan dengan kebutuhan komunitas pelaku bisnis, pasar modal dan pasar keuangan
Demikian pula, peningkatan terhadap daya saing, kinerja dan good (corporate) governance serta good managementmerupakan tuntunan utama dari Stakeholder setiap organisasi. Pengukuran kinerja dari perspektif keuangan dan non keuangan, pengendalian internal dan manajemen resiko merupakan instrumen utama yang dapat digunakan oleh manajemen untuk memenuhi tuntutan dimaksud

Mata Kuliah Konsentrasi :

1. Akuntansi Manajemen Untuk Pengambilan Keputusan
2. Pengukuran Kinerja Perusahaan
3. Analisa Laporan Keuangan dan Kinerja Perusahaan
  1. Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik

Good & clean government, anti korupsi dan peningkatan akuntabilitas merupakan keniscayaan yang perlu dipenuhi oleh setiap pejabat publik. Kegagalan memenuhi hal tersebut dapat membawa pejabat atau mantan pejabat public berurusan dengan KPK, Tim pemberantasan korupsi (TIPIKOR) bahkan masuk tahanan. Konsep, prinsip dan praktek penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel dan didukung oleh proses manajemen risiko sektor publik dapat membantu instansi dan pejabat publik mencapai good & clean government serta terhindar dari resiko harus berurusan dengan hal yang tidak diinginkan.

Mata Kuliah Konsentrasi:

  1. Akuntabilitas dan Pengukuran Kinerja Sektor Publik
  2. Analisa Dampak Kebijakan dan Regulasi Sektor Publik
  3. Analisa Laporan Keuangan & Pertanggung Jawaban Pemerintahan
  1. Konsentrasi Audit

Good (corporate) governance serta good management akan dapat terwujud secara berkelanjutan apabila didukung oleh pelaksanaan fungsi pengawasan yang efektif. Salah satu mekanisme utama pengawasan adalah pelaksanaan audit secara reguler dan insidental terhadap aspek kepatuhan, keuangan dan perencanaan serta operasional dalam penyelenggaraan organisasi. Filosofi, konsep, etika, teori, pendekatan, proses dan teknik audit menjadi materi utama pembahasan agar sejalan dengan kebutuhan untuk peningkatan efektivitas fungsi pengawasan.

Mata Kuliah Konsentrasi:

  1. Audit atas Laporan keuangan
  2. Audit Kinerja
  3. Investigasi Kecurangan

Kurikulum Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI)

Download

Distribusi Mata Kuliah Program Studi Magister Akuntansi

Dosen Pengajar

  1. Prof. H. Muindro Renyowijoyo,Akt, PhD
  2. Prof.Dr.Musa Hubeis, MS, Dipl.Ing. DEA
  3. Sudarwan, Akt,PhD,QIA,CCSA
  4. Dr. Heryanto S,Gani,SE,Skt,Msi.
  5. Dr.Wiwik Utami,SE,Akt,Msi.
  6. Prof. Dr. Syahrudin Rasul
  7. Dr. Erman Munzir,SE,MA
  8. Dr.Ade Achmad Rozi,MBA
  9. Dr. MF Arrozi,SE,Akt,Msi
  10. Dr. Amilin ,SE,Akt,MSi
  11. Dr. Hermiyeti,Akt,M Ak,
  12. Achmad Fauzi,SE,Akt,Msi
  13. Higma Nur A,SE,Akt,Msi
  14. Roro Srirachmawati,SE,Akt,Msi
  15. Drs Umansyah,Akt,MSi
  16. Rico Lesmana,SE, MSi
  17. Ratih Handayani,SE, Msi
  18. Desi Aryanti,E, MSi
  19. Rury Widjaya W. SE,Akt,Msi
  20. Nur Diana,SE,Msi
  21. Yuli Noor Kusumawati,SE,Msi
  22. Drs Haryanto Kadi, M.Sc
  23. Irwan Djaja, SE,MappFin.
  24. Djaja Hendrawan,SE,MF,MBA
  25. Ella Kartika,SE,Akt,MM
  26. Susanto Salim,SE, MM Ak, CPA